Nama : Muhammad Sigit P
Kls : 1KB07
Dosen : Ahmad Nasher

 1.Sejarah Bahasa Indonesia


              Bahasa Indonesia adalah Bahasa melayu yang dijadikan sebagai Bahasa resmi Republik Indonesia dan Bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan varian bahasa Melayu, sebuah bahasa Austronesia dari cabang bahasa-bahasa Sunda-Sulawesi, yang dipakai sebagai lingua franca di Nusantara sejak abad-abad awal penanggalan modern.
              Karena perkembangan bahasa melayu dikalangan rakyat indonesia (pribumi) yang cukup baik, Pemerintah kolonial Hindia-Belanda akhirnya menyadari bahwa bahasa Melayu dapat dimanfaatkan untuk membantu administrasi bagi kalangan pegawai pribumi karena penguasaan bahasa Belanda untuk para pegawai pribumi dinilai lemah. Dengan merujuk pada bahasa Melayu Tinggi (karena telah memiliki kitab-kitab rujukan) beberapa sarjana Belanda mulai terlibat dalam standardisasi bahasa. Promosi bahasa Melayu pun digalakkan di sekolah-sekolah dan didukung dengan penerbitan karya sastra dalam bahasa Melayu. Dari promosi bahasa melayu yang dilakukan Belanda, maka secara perlahan terbentuklah "embrio" bahasa Indonesia yang sedikit demi sedikit mulai terpisah dari bentuk semula bahasa Melayu Riau-Johor
              
Bahasa Indonesia diakui secara resmi sebagai "Bahasa Persatuan Bangsa" pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Pemakaian bahasa Melayu sebagai bahasa nasional di indonesia atas usulan Muhammad Yamin, seorang sastrawan, politikus, dan ahli sejarah. Dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua di Jakarta
 

2. Fungsi Bahasa Indonesia
  • Sebagai pemersatu : digunakan dalam hubungan sosial antar manusia.
  • Sebagai penanda kepribadian : dapat mengungkapkan jati diri dan juga perasaan.
  • Menambah wibawa : berfungsi untuk menjaga komunikasi yang santun.
  • Sebagai kerangka acuan : memiliki tindak tutur yang terkontrol.


3. Kedudukan Bahasa Indonesia

1.Sebagai Bahasa Resmi/Negara
Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi / bahasa negara memiliki dasar yuridis konstitusional, yaitu pada Bab XV pasal 36 UUD 1945. Dalam kedudukannya sebagai bahasa resmi/negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai berikut:


  • Bahasa resmi negara
  • Bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan.
  • Bahasa resmi dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu dan teknologi.
  • Bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan.

      2. Sebagai Bahasa Nasional
Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional diperoleh sejak awal kelahirannya, yaitu tanggal 28 Oktober 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional sekaligus merupakan bahasa persatuan. Adapun dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia mempunyai fungsi sebagai berikut


  • Lambang jati diri (identitas).
  • Lambang kebanggaan bangsa.
  • Alat penghubung antarbudaya dan antardaerah
  • Alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang etnis dan sosial-budaya, serta bahasa daerah yang berbeda.
Kesimpulan :

Dari pokok pembahasan di atas kita mengetahui bahwa bahasa indonesia adalah varian/variasi dari bahasa melayu.Sebuah bahasa Austronesia dari cabang bahasa-bahasa Sunda-Sulawesi, yang dipakai sebagai lingua franca di Nusantara sejak abad-abad awal penanggalan modern dan di akui pada saat sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Atas Usulan
seorang sastrawan, politikus, dan ahli sejarah. Dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua di Jakarta, bernama Muhammad Yamin. Dan Berfungsi Sebagai Pemersatu, penanda kepribadian, Menambah wibawa, Sebagai kerangka acuan, Kedudukan Bangsa Dibagi 2 yaitu : Sebagai Bahasa resmi dan Sebagai Bahasa Nasional : Bahasa Resmi di bagi 3 yaitu : Bahasa resmi negara, Bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan, Bahasa resmi dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu dan teknologi.

Bagasa Nasional berfungsi sebagai :Lambang jati diri (identitas)., Lambang kebanggaan bangsa, Alat penghubung antarbudaya dan antardaerah, Alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang etnis dan sosial-budaya, serta bahasa daerah yang berbeda.

Sumber : Click Here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar