A. Mean

Mean atau rata-rata hitung adalah nilai yang diperoleh dari jumlah sekelompok data dibagi dengan banyaknya data. Rata-rata disimbolkan dengan x.
  • Rata-Rata untuk Data Tunggal
13
Keterangan:
αΊ‹ = mean
n= banyaknya data

B. Median

Median adalah nilai data yang terletak di tengah setelah data diurutkan. Dengan demikian, median membagi data menjadi dua bagian yang sama besar. Median (nilai tengah) disimbolkan dengan Me.
  1. Jika banyaknya data n ganjil
6
  1. Jika banyaknya data genap
7
Keterangan:
Me = Median
n = jumlah data
x = nilai data

C. Modus

Modus adalah data yang paling sering muncul atau memiliki frekuensi tertinggi. Modus dilambangkan dengan Mo.  Beberapa kemungkinan tentang modus suatu gugus data:
  • Apabila pada sekumpulan data terdapat dua modus, maka gugus data tersebut dikatakan bimodal.
  • Apabila pada sekumpulan data terdapat lebih dari dua modus, maka gugus data tersebut dikatakan multimodal.
  • Apabila pada sekumpulan data tidak terdapat modus, maka gugus data tersebut dikatakan tidak mempunyai modus.

Contoh Soal Mean,Median,Modus

1. 8 orang mahasiswa mengikuti ujian Sistem Tertanam Hasil yang di dapat adalah : 80,70,80,60,70,70,90,70 Carilah Mean,Median Dan Modus


A.) Mean :
jumlah Data / Banyaknya Data :
80,70,80,60,70,70,90,70 / 8 = 590/8 = 73.75
Cara Mencari Mean Di Excel adalah block semua tabel data yang ingin di mean lalu klik panah di atas lalu pilih Average : 

B.) Median :
Data di urutkan dari yang terkecil hingga terbesar lalu di cari nilai tengahnya : 60,70,70,70,70,80,80,90 = 70. Untuk mencari nilai Median di excel caranya dengan menggunakan rumus "=MEDIAN(Range:Range)" 

C.) Modus :
Modus adalah data yang paling banyak muncul, dari data di atas data yang paling banyak muncul adalah 70 : cara mencari Modus di excel adalah dengan menggunakan rumus :"=MODE(Range:Range)" 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar